NHW 4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Dan sampailah pada pekan keempat kulaiah di IIP. Makin banyak ilmu, makin banyak tau. Dan makin menyadari juga bahwa menjadi ibu rumah tangga bukanlah perkara sepele. Perlu ilmu, perlu keberanian, serta kekuatan hati.
Baiklah sekarang mari kita selesaikan tugas NHW 4 ini.

A. Setelah merenung beberapa minggu ini, apakah saya tetap berpegang teguh pada jurusan ilmu yg ingin saya pelajari dari Universitas kehidupan ini?

Dalam NHW 1, saya menuliskan jurusan ilmu yang ingin saya pelajari adalah :
1. Ilmu agama Islam
2. Ilmu parenting
3. Ilmu talents maping

Dan sampai saat ini saya tetap pada keputusan tersebut. Bahwa ilmu ilmu tersebutlah yang ingin saya pelajari.
Hanya ada sedikit koreksi pada point kedua. Lebih spesifik lagi, bahwa ilmu parenting yang ingin saya pelajari adalah ilmu Home Education.
Jadinya seperti ini :
1. Ilmu agama Islam
2. Ilmu Home Education
3. Ilmu Talents Maping

B. Di NHW 2 kita membuat cheklist harian. Sejauh mana kita melakukannya?
Baiklah masalah cheklist ini memang bukan hal mudah buat saya yang memiliki bakat konsistensi dan disiplin yang lumayan kacau. Tapi justru memang teramat sangat membantu mendisiplin kan diri.
Saya sudah membuat print cheklist tersebut, dan menempelkannya di dinding kamar.
Walau terus terang saya agak terlambat melakukannya karena sifat menunda nunda akut.
Tapi saya berjanji akan berusaha lebih keras dan keras lagi untuk dapat menepati semua cheklist yang telah saya buat. Insyaallah.

B2. Setelah merenungkan NHW 3, apakah sudah terbayang apa kira kira maksud Allah dalam penciptaan kita? Kalau sudah, bidang apa kira kira yang harus kita kuasai hingga peran kita makin terlihat ?

Setelah saya merenungkan NHW3, serta dibantu oleh hasil assessment Talents Maping milik saya ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan.

Allah menciptakan saya sebagai seorang inspirator, motivator,penggerak, dan seorang marketing handal. Hal ini terlihat karena buat saya, memberikan inspirasi, motivasi, atau mengajak orang melakukan sesuatu bukanlah hal yang sulit. Saya dapat dengan mudah mencari perhatian dan memberikan ide ide atau masukan pada suatu kumpulan orang banyak.

Dlaam hal ini saya harus mempunyai ilmu yang banyak dalam bidang yg ingin saya geluti. Agar saya lebih banyak memberikan manfaat dengan talents yang saya miliki. Dan bidang ilmu yang menarik hati saya, serta saya ingin terlibat jauh serta memberikan inspirasi bagi banyak orang adalah ilmu tentang Home Education.
Mengapa bidang ilmu itu yang ingin saya dalami?
Saya berharap bahwa suatu hari nanti saya dapat membangkitkan kesadaran bagi para orang tua, di semua kalangan, akan kewajibannya dalam pendidikan anak anaknya.
Saya ingin dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang tentang bagaimana seharusnya orang tua berperan dalam pengasuhan anak anaknya.

Misi hidup : inspirator, marketing program Home Education
Bidang : Pendidikan orang tua
Peran : inspirator, motivator, dan marketer

C. Susunlah ilmu ilmu apa saja yang diperlukan untuk melakukan misi hidup di atas

Ilmu ilmu yang dibutuhkan :
a. Ilmu tentang Home Education
b. Ilmu FBE (Fitrah Based Education)
c. Ilmu Talents Maping
d. Ilmu tentang bahasa ibu
e. Ilmu tentang psikologi positif
f. Ilmu Design Thingking

D. Milestone perjalanan dalam memandu  misi hidup :
a. Km 01 → Mempelajari tentang FBE, bahasa ibu, dan talents maping  secara mendalam
Menginisiasi terbentuknya forum ayah di Banyumas
b. Km 02→Mempelajari Design Thingking dan mulai belajar mempraktekannya. Mulai mengisi acara2 kecil Talents maping
Membuat CBE dan CBB
c. Km 03→mulai membuat kurikulum personal
Menambah jam terbang mengisi Talents Maping
CBB dan CBE yang makin kompak dan solid
c. Km 04→membuat sekolah orang tua atau sekolah percontohan sebagai inspirasi bagi orang tua untuk melakukan praktek HE di rumahnya dari komunitas CBE
d. Km 05→ mengajak lebih banyak orang tua dan menginspirasi nya untuk melakukan tugas dan perannya sebagai orang tua melalui komunitas dan sekolah orang tua.
Dan mulai bergerilya ke kampung kampung serta daerah daerah dalam penyadaran tygas orang tua terhadap anak
e. KM 06→memperbanyak duplikasi sekolah orang tua, CBE dan CBB di kota kota lain di Banyumas.

E. Sudahkah saya memasukkan waktu waktu untuk mempelajari ilmu di atas dalam cheklist yang saya buat?

Tentu saja sudah. Dalam cheklist, ada waktu satu jam sehari buat membaca. Kemudian ada waktu waktu tertentu saya harus membuat tulisan tulisan tentang ilmu ilmu yang saya pelajari.
Serta ada kewajiban saya juga untuk berkomunitas dengan orang orang yang memahami ilmu ilmu tersebut

F. Lakukan lakukan dan lakukan....

Posting Komentar

2 Komentar

Silahkan memberi komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)