Memahami Syakillah

"Muhammad Firman"

MEMAHAMI SYAAKILAH,
SERTA BAGAIMANA MENEMUKAN DAN MENJALANINYA
KAJIAN SURAT AL ISRA 83-85
OLEH USTADZ NOUMAN ALI KHAN

Adalah fitrah manusia bahwa Allah menciptakannya unik. Dengan Qada dan Qadar-Nya, Allah menentukan ukuran dan takaran untuk segala sesuatu. Maka dalam hidup ini pastilah masing-masing kita akan diberikan perjalanan yang menjadi ujian hidup bagi kita. Di dalamnya Allah akan memberikan tantangan dan ujian, serta kemudahan dan pertolongan yang berbeda untuk setiap manusia.

Itulah Syaakilah, jalan hidup yang Allah tentukan untuk setiap manusia, dan terhadap jalan itulah Allah akan menilai hidup setiap manusia. Sebagaimana yang Allah sampaikan di Al Qur'an surat Al Isra ayat 84, "Katakanlah : tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya."

Ternyata untuk memahaminya dengan baik, kita perlu juga meninjau ayat sebelumnya dan ayat setelahnya, ayat 83 dan 85. Rangkaian ketiga ayat tersebut menjelaskan bagaimana manusia menjalani hidupnya. Ada yang sombong saat sukses, ada yang mengeluh dan meratap saat gagal, namun ada juga yang terpandu hidupnya (mereka yang menyadari Syaakilah-nya), dan di mana petunjuka kepada Syaakilah itu Allah letakkan. 

Pada ayat ke 85 dari Surat Al Isra itulah dijelaskan bahwa Syaakilah kita adalah bagian dari Ruh kita, dan karena itulah ia utuh dan permanen.

Selebihnya, simaklah penjelasan Ustadz Nouman Ali Khan tentang Surat Al Isra ayat 83-85 ini. Pembahasan beliau yang sangat terperinci terhadap 3 ayat tersebut menjadikan pemahaman tentang Syaakilah ini jaaauh lebih jelas dan membekas di hati. Selamat membuka nurani, selamat menemukan Syaakilahmu.

https://youtu.be/rFTTrcxyDo4

Posting Komentar

0 Komentar