Jurus khatam satu juz sehari...


Saat pertama kali mengikuti ODOJ, hal yang pertama kali terlintas adalah... bisa gak ya kholas satu juz dalam sehari?
Satu juz itu serasa banyaaaaaaak...... sekali. Apalagi buat saya yang emang jarang baca Qur'an.
Tapi ternyata semua cuman perkiraan saja. Buktinya, dari hari pertama saya mengikuti ODOJ semua tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Alhamdulillah lancar jaya. Terbukti memang Allah akan memberikan kemudahan buat seseorang yang ingin mendekati Nya,  membaca, apalagi mempelajarinya.
Saat masih di grup ODOJ 3105, saya mendepatkan beberapa trik mudah khatam satu juz dalam sehari. Detailnya sih sudah banyak yang lupa, karena memang tidak saya catat. Cuman dicatat di hati aja. Tapi coba akan saya bagikan beberapa bagian yang masih saya ingat, ditambah sedikit bumbu bumbu dari saya sendiri.

Berikut beberapa trik khatam satu juz dalam sehari  :

1.      Jurus kuda pacu
Jurus kuda pacu artinya kita tilawah satu juz sekaligus, dalam sekali duduk. Sebetulnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam saja. Bisa dilakukan kapan pun saat kita memiliki waktu tersebut. Saya sendiri lebih menyukai jurus yang satu ini jika memang memiliki waktu. Biasanya menjelang Dhuhur, saat si kecil tidur siang. Semua pekerjaan rumah sudah rampung. Hanya sekitar satu jam menjelang Dhuhur.
2.      Jurus minum obat.
Yang ini mirip banget kayak minum obat. 3x sehari. Pertama pagi hari, setelah sholat Subuh. Kita bisa membaca tiga atau empat lembar. Kedua kita tilawah setelah Dhuhur atau mungkin lebih nyaman setelah sholat Ashar sebanyak tiga lembar lagi. Dan terakhir kita membaca 3 atau empat lembar terakhir setelah sholat Maghrib.
Jurus yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang bekerja. Yang pekerjaan nya tidak memungkinkan untuk diajak tilawah. So, siapa bilang orang yang sibuk bekerja tidak bisa ikut ODOJ ?

3.      Jurus 2 x 5
Yang satu ini, kita akan tilawah setiap usai sholat. Tiap usai sholat kita akan tilawah sebanyak dua lembar saja. Sedikit, hanya sebentar saja. Dua lembar mungkin hanya membutuhkan waktu antara lima sampai sepuluh menit saja. Dua lembar kali lima kali sholat, maka satu juz kholas dalam sehari.
4.      Jurus kerbau
Untuk yang satu ini, kita butuh modal sebuah Al-qur’an kecil yang bisa kita bawa kemana saja. Atau sebuah smartphone yang memiliki aplikasi Al-qur’an.Jurus yang satu ini sangat cocok untuk orang yang mempunyai banyak aktifitas di luar ruangan.
Arti jurus kerbau adalah kita tilawah dimana pun dan kapan pun. Bisa tilawah sambil naik angkot, sambil mengantri di bank, sambil menunggu anak pulang sekolah, sambil menemani anak bermain, atau sambil melakukan aktifitas yang lain. Intinya kapan pun, dimana pun, Al-qur’an selalu.
5.      Jurus Kalong
Artinya kita ngalong nih... Tilawah kita lakukan malam hari. Mungkin sehabis sholat Isya, menjelang tidur, atau selepas tahajud. Jurus ini sangat cocok buat orang yang kegiatan siang nya padat, buat pekerja atau karyawan, atau buat ibu rumah tangga yang memiliki balita. Saya pribadi melakukan jurus ini saat malam Sabtu atau malam Minggu. Karena biasanya kalau hari Sabtu dan Minggu saat suami di rumah, agak sulit mencari watu buat tilawah.
 Ada juga jurus setengah kalong. Hampir sama dengan yang di atas, tapi yang dibaca setengah malam hari, sebagian nya siang hari.

Demikian sebagian dari beberapa jurus membaca Al-qur'an satu hari satu Juz. Yang mana pun yang kita lakukan, tetap saja yang penting adalah niat kita. Pastikan semua hanya karena Allah semata. Bukan karena takut atau gak enak ama admin dan teman teman ya...
Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu memotivasi diri saya sendiri dan teman-teman semua. Yang masih ragu dan belum ikut ODOJ, ayo ikutan....!!!


Posting Komentar

0 Komentar