Ulasan buku Beyond talents



Buku kedua yang saya baca berjudul "Beyond Talent Bakat Saja Tidak Cukup Untuk Mendapatkan Hasil Luar Biasa" karya John C. Maxwell. Buku ini diterbitkan oleh MIC Publishing. Dengan tebal 323 halaman isi. 

Ini adalah kali kedua saya membaca buku ini secara tuntas. Pada dasarnya saya menyukai buku ini seperti tulisan-tulisan John C.Maxwell pada buku-buku nya yang lain. Bukan hanya tulisan dan motivasi semata, tetapi juga banyak dimuat kisah-kisah orang yang sesuai untuk mendeskripsikan hal apa yang dia maksud dalam tulisan. Bagi saya, hal seperti ini menambah daya tarik dan membuat kita menjadi lebih mudah untuk memahami maksud. Ditambahi lagi dengan kutipan dan puisi-puisi karya penulis ternama. 

Buku ini menggambarkan, bahwa bakat saja tidaklah cukup. Dibutuhkan banyak hal selain bakat untuk membuat seseorang menjadi seorang pribadi unggul. Bakat itu sia-sia jika hanya dilakukan sekedarnya saja. Dan saya sangat setuju dengan hal tersebut. Walaupun memang seperti nya talenta atau bakat yang dia maksudkan dalam tulisan ini lebih kepada potensi diri. Bukan bakat seperti yang saya pahami sebelumnya. 

John C Maxwell menyebutkan setidaknya ada beberapa syarat yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang bertalenta plus. Diantara nya adalah keyakinan, hasrat, inisiatif, fokus, persiapan, latihan, grit, keberanian, belajar, karakter yang kuat, dan juga kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama. Karena memang tanpa semua kemampuan tersebut, kita hanya akan sekedar berpotensi, bertalenta saja.

Menurutnya, jika kita tidak pernah menjadi orang yang mengasah diri dan memaksakan diri menjadi orang yang bertalenta plus, mak esok lusa akan ada orang lain, dengan talenta yang sama dengan kita, atau bahkan lebih rendah dari kita, yang mengasah dirinya, menjadi pribadi yang luar biasa. Hingga kemudian melesat meninggalkan kita. 

Tapi bagi saya pribadi tidak demikian. Bagi saya, talenta memang perlu diasah, dikembangkan dan diolah. Karena ketika kita mampu mengolah potensi yang kita miliki, semakin potensi itu terasah dengan baik, maka kemungkinan besar talenta itu akan makin memberikan banyak kebermanfaatan bagi orang. Makin luas dan makin dalam manfaat yang akan disebar. 

Talenta memungkinkan seseorang untuk melakukan hal-hal luar biasa



Posting Komentar

0 Komentar