Nice Home Work #1

📚NICE HOMEWORK #1📚

ADAB MENUNTUT ILMU

Blognya udah lama mati suri lagi. Setelah nemu steller buat nyimpen nyimpen portofolio anak anak.
Baiklah sekarang waktunya mengisi kembali blog ini dengan NHW (Nice Home Work) dalam rangka mengikuti kuliah di IIP batch 2 ini.

Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Ilmu ilmu yang akan saya tekuni kedepannya ada beberapa :
A. Ilmu agama.
B. Ilmu parenting, pengasuhan
C. Ilmu talents maping

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

A. Ilmu agama yang saya miliki sangatlah sedikit. Saya memerlukan lebih banyak belajar tentang ilmu agama. Agar saya dapat mengajarkannya pada anak anak saya. Agar saya punya landasan ilmu yang kuat saat mrngajarkannya pada anak anak. Bagaimana anak anak bisa dekat dengan agamanya jika ibunya tidak memeberikan contoh terlebih dahulu. Ibu adalah madrasah pertama anak anaknya.

B. Ilmu parenting dan pengasuhan sangat saya butuhkan saat ini, mengingat saya saat ini memiliki 2 orang anak yang memerlukan pengasuhan dari orang tuanya. Karena kelak di akherat yang ditanya tentang pendidikan anak anaknya adalah orang tuanya.

C. Ilmu Talents Maping sangat menarik buat saya. Dengan menekuninya serta mempelajarinya semakin dalam saya berharap bisa menjadi jalan hidup saya. Menjadi jawaban atas peran dan mis hidup yang telah Allah berikan pada saya.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

A. Dalam mencari ilmu agama selama ini, saya mengikuti kajian rutin berupa liqo dan juga taklim secara rutin.
B. Ilmu parenting saya memilih belajar via kullwap, buku2 parenting, berdiskusi dengan expertnya. Saya mengikuti komunitas HEbAT yang saya rasa paling pas dan sesuai dengan pendirian saya selama ini.
C. Ilmu talents maping saya pelajari langsung dari penemunya abah Rama Royani. Banyak bertanya dan berdiskusi dengannya. Juga dari beberapa praktisi dan orang orang uang sudah expert di bidang ini. Saya juga mempelajari buku buku yang berhubungan dengan talents maping dan penerapannya. Saya juga banyak mempraktekan ilmu ini dengan sekitar.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Sikap yang perlu diperbaiki yaitu adab ketika membawa balita ke tempat kajian ilmu. Mempunyai seirang balita yang senang berekplorasi, teguh pendirian, dan suka mengambil alih kendali adalah sebuah tantangan istimewa. Di satu sisi kita harus memperhatikan adab mencari ilmu, disisi lain kita tidak boleh mencederai fitrah yang dimiliki anak. Maka saya harus belajar mencari jalan tengah diantaranya.

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia

Posting Komentar

0 Komentar