Menulis Angka dan Huruf

Hari ini Fawwaz  bermain dengan papan tulis dan spidol lagi. Rupanya dia sedang tertarik mencoret nih. Sangat baik untuk melatih motorik halusnya. 
Saya adalah bagian dari orang tua yang tidak terburu buru dalam hal mengajarkan memabaca dan menulis sebelum usia 7 tahun. Jadi, mengenal angka, huruf, menulis, bukanlah hal diutamakan. Walau pun memang jika anak yang tertarik, dan menanyakan sendiri mah tetep aja diajarin dong. Kalo maunya anak mah, tentu tidak masalah, karena dia yang minta kan...
Seperti pagi ini. Fawwaz menuliskan angka dan huruf yang dia kenal di papan tulis. Kali ini, dia mengidentifikasi huruf dan angka yang mirip bentuknya. Seperti huruf o dengan angka 0, huruf s dengan angka 5, huruf E denngan angka 3, angka 4 dengan A, dan seterusnya. 
Yang mengejutkan adlah dia mengidentifikasi huruf huruf itu sendiri. Dia yang menemukannya, dan dia sendiri yang mengklarifikasinya sendiri. 
Fitrah belajar anak anak itu memang luar biasa. Masya suci Allah yang telah menganugerahkan kecerdasan pada manusia, bahkan dari usia dini. 
Selalu dibuat terkejut dengan perkembangan perkembangan yang diraihnya. Mengamati perkembangan anak selalu membuatku makin dekat kepada Nya. Makin terbuka dan makin yakin akan kebesaran Nya.

Kegiatan pagi ini menunjukkan gaya belajarnya yang visual. Memperhatikan dan menngidentifikasi perbedaan bentuknya.

Posting Komentar

0 Komentar