Bakat Remaja

Assalammualaikum Wr. Wb.

Tulisan ini berangkt dari pengalaman pribadi saya sebagai seorang ibu, konsultan pendidikan dan seorang praktisi Talents Mapping.

Sering kali, saya mendapat pertanyaan, apa bakat anak saya terlebih lagi jika dia remaja yang bisa kita kategorikan usia ketika anak sekolah SMP dan SMA. Orang tua seringkali mengatakan tidak tau bakat anaknya atau bahkan sang anak beranggapan bahwa dia tidak berbakat.

Dulu dan bahkan sekarang, kita beranggapan bahwa bakat itu contohnya adalah menyanyi, menari, menggambar sport dan lain-lain. Tetapi sebenarnya, bakat itu bukan hanya contoh2 yg sudah saya sebutkan diatas.

Menurut Talents Mapping (TM) Bakat, terbagi dua yaitu bakat yg berhubungan dgn panca indra n fisik spt menari, menyanyi, sport dll juga ada bakat yg berhubungan dgn peran yaitu karakter, spt: Teaching, researching, communicating dll.

Jadi bakat bisa diartikan karakter yg produktif, yg merupakan potensi kekuatan. Nah..bagaimana menemukan bakat remaja kita? Pernahkah mengatakan sptnya anak sy tdk berbakat atau bakatnya blm kelihatan? Apabila kita mengacu pada pengertian bakat diatas, maka ckp jelas bahwa setiap anak itu berbakat sesuat dgn karakter produktifnya masing2. Yg patut kita lakukan sbg orang tua adalah membersamai, mengamati n membantu anak untuk menemukan n mengembangkan bakatnya. Satu kata kunci dlm melakukan tugas ini adalah jangan " tergesa2" krn bakat punya kecenderungan permanen setelah anak usia 16 tahun. Artinya ktk anak kita remaja mestinya  mrk sdh menemukan bakatnya.

Dan menurut sy, sgt penting remaja menemukan bakat n mengembangkannya krn untuk memudahkan nanti dlm pemilihan jurusan ktk SMA, pemilhan jurusan kuliah dan profesi kelak nanti. Alangkah menyenangkan apabila masuk jurusan sesuai bakatnya n bekerja sesuai dgn kekuatannya.

Walaupun kadang2 dibagian ini terdapat konflik biasanya antara keinginan orang tua atau mengikuti bakat/ potensi kekuatan anak.

Sehingga tidaklah mengherankan hasil study oleh seorang psikolog pendidikan yang diambil dari oke zone.com 2014, bahwa 87 % mahasiswa indonesia salah memilih jurusan. Keinginan ortu, tidak tahu kekuatan, ikut teman adalah diantara penyebab salah memilih jurusan tsb.

Jadi, mulai saatnya kita menjadi ortu yg kekinian yg memahami kekuatan anak n menerima jika kekuatan tsb berbeda dgn keinginan dlm hal pemilihan jurusan n profesi.

Ada 6 ciri-ciri bakat  yg bisa ortu amati dlm setiap aktifitas remajanya:

1. Yearning
Memiliki hasrat tertinggi utk melaksanakan aktifitas tsb shg remaja kita lupa waktu.

2. Rapid Learning
Perhatikan, apakah bagi remaja kita cepat n mudah belajar sesuatu yg mana buat remaja yg lain mgkin sulit.

3. Flow
Remaja menjalani aktifitas ini mengalir alami.

4. Glimpses of Excelent
Remaja kita menunjukan keunggulan dlm bidang tsb.

5. Satisfaction
Perhatikan apakah remaja kita merasa puas pd aktifitas yg dilakukan.

6. The Universe Support
Ketika remaja kita sdg dlm situasi kritis dalam melakukan aktifitas tsb, maka dia akan menemukan langkah solusi keluar dr permasalahan tsb n yakin dgn tujuan hidupnya.

Apabila remaja kita melakukan aktifitas bakat, maka akan terlihat 4 E; enjoy, easy, excellent dan earn.

Terima kasih

By. Diah Ningrum

Posting Komentar

0 Komentar