Memetakan bakat anak

Memetakan bakat anak artinya membantu mereka menemukan misi hidupnya masing-masing. Disini artinya kita perlu memahami betul apa potensi kekuatan yang mereka miliki.
Anak-anak disini artinya dibawah usia 15 tahun.
Mengapa harus dipetakan?
Dengan membantu mereka menemukan potensi kekuatannya dan kemudian membantu mereka memetakannya akan mempermudah bagi mereka untuk menentukan jalan hidupnya. Tapi walau pun kita sebagai orang tua membantu memetakan bakat anak, bukan berarti kita berhak untuk mengintervensi masa depan mereka.
Lalu bagaimana sebetulnya memetakan bakat anak?
Pertama perlu disadari terlebih dahulu. Bahwa yang paling valid dalam hal memahami bakat anak-anak adalah orang tuanya. Tidak ada lagi yang lain. Mengapa? Karena orang tua lah yang paling paham kebiasaan, karakter, dan sifat dari anak anaknya.
Hal pertama yang harus dilakukan orang tua sebelum memetakan bakat anak adalah memahami terlebih dahulu tema-tema bakat dalam TM. Hal ini untuk mempermudah saat memahami anak.
Kemudian yang kedua orang tua perlu mencatat. Catatan-catatan dan pendokumentasian penting untuk kita kelak agar dapat menemukan benang merah potensi kekuatan anak.
Lalu kenalkan anak dengan 3B. Yaitu :
• Banyak wawasa
• Banyak ragam kegiatan
• Banyak bertemu orang
Dan jangan lupa juga hal yang penting. Yaitu banyak bermain, dan banyak berbincang.

Posting Komentar

0 Komentar