Membangun Habit Self Management

Dua pekan terkahir menjadi pekan yang panjang bagi kami. Bagaimana kemudian setiap hari kami dituntut untuk online demi untuk membahas satu persatu milestone project di tim kami. 

CH 2 membuat perjanjian bahwa setiap hari kami akan melakukan diskusi pukul 13.00 setiap harinya. Dan alhamdulillah, selama 2 pekan ini kami dapat melakukan diskusi dengan efektif dan efisien. Setiap hari kami berdiskusi dengan satu topik pembahasan selama satu jam. Dan hampir rata rata hal tersebut dapat berjalan dengan baik. Kami selalu dapat menyelesaikan diskusi pada saat yang telah ditentukan. 
Dalam dua pekan ini kami berhasil mendiskusikan milestone, setiap hambatan dan tantangan serta habit yang diperlukan untuk mengatasinya. 
Kemudian kami juga berdiskusi mengenai pembagian tugas di tiap milestone dan pembagian karakter dan habit yang akan kami bangun.  
Mengenai habit. Di zona ini saya akan memulai dengan habit self management. Maksudnya disini saya akan belajar untuk mengatur diri sendiri. Belajar mengontrol dan mengatur segala apa yang akan saya ucapkan, dan yang saya lakukan. Saya ingin belajar lebih bertanggung jawab atas diri saya sendiri. 

Dimulai dengan memilah prioritas agenda harian, kemudian melakukan apa yang telah direncanakan sesuai dengan waktu yang telah diagendakan. 
Artinya juga belajar mengatur diri sendiri, mengatur segala apa yg perlu dilakukan. Karena segala yang terrencana, segala yang terukur akan membantu kita untuk dapat lebih mudah menyelesaikan semua apa yang menjadi cita cita. 

Self management atau manajemen diri juga tentang pengendalian terhadap suatu perbuatan yang di lakukan atau yang akan dilakukan, bisa dari segi ucapan, atau suatu pikiran, sehingga dirinya terhindar dari hal-hal yang tidak baik serta meningkatkan diri untuk berbuat secara baik dan benar dalam konteks tertentu.
Lalu apa yang ingin saya capai dari pembiasaan habit ini? 
1. Kemampuan mengelola diri baik pikiran, perasaan, ucapan dan perbuatan yang akan dilakukan sehingga dapat berkembang dengan baik.

2. Bebas dari pengaruh dan kontrol orang lain terhadap diri kita.

3. Semakin mampu untuk menjalani dan mengatur hidup sendiri dan tidak bergantung lagi pada orang lain.

4. Orang yang dapat mengendalikan dirinya akan mampu mengahadapi tantangan dunia, dan rintangan kehidupan.

5. Akan lebih mampu mengembangkan hubungan yang tulus dan akrab dengan individu lain.

6. Mampu berkonsentrasi dalam bekerja serta lebih handal dan lebih bertanggung jawab di dalam pengendalian diri dan lebih baik saat menghadapi situasi diluar zona nyaman di kehidupannya.

Posting Komentar

0 Komentar