Membuat Profilling Anak anak

Hari ini kami melanjutkan rencana masa depan anak anak. Kami memulainya dengan membuat profilling anak anak. Selepas Maghrib saya berkesempatan berdiskusi dengan Ghazy saat mengisi profillingnya dia. Profilling frame work FBE.
Untuk Ghazy, saya mengisi maturnity level 2 bukan level 3 seperti seharusnya usianya. Hal ini karena saya merasa beberapa hal dari dia memang masih perlu penyesuaian dan pemantapan kembali. Terbukti saat mengisi form. Bagian fitrah keimanan rata rata point 3. Pas pasan. Cukup. Fitrah belajar adalah hal yang masih banyak perlu perbaikan. Mulai dari antusiasme, kesadaran dan inisiatipnya dalam hal fitrah belajar masih sangat butuh penguatan lebih. Tugas besar kami ada disini. Bahkan ketika kami berdiskusi tentang solusi apa yang bisa kami lakukan untuk memperbaikinya, ternyata dia juga bingung.
Sebetulnya dia memiliki semangat yang tinggi saat diingatkan kembali tentang UN yang perlu diselesaikannya tahun depan ini. Dia antusias untuk bisa mendapatkan nilai tertinggi disana. Artinya, dia hanya bingung tentang hikmah, arti, dan cara belajar yang tepat. Agar dia kembali antusias dengan buku buku pelajaran dan materi2 pembelajaran sekolah. Karena bagaimana pun, sesuai kesepakatan, walau memutuskan HS, kami tetap akan menyelesaikan UN dengan nilai tertinggi.
Bagian fitrah bakat adalah bagian yang paling menonjol. Point point yang didapat disini mendapat nilai yang cukup signifikan.
Fitrah fitrah lain lumayan telah cukup. Walau masih banyak yang perlu diperbaiki disana sini.
Setekah menbuat profilling, kami berbicara tentang vision dreams. Dan membuat target tahunan sampai Juni 2018.
Berikut beberapa target yang dibuat Ghazy :

1. Lulus UN dengan nilai rata rata 9.
2. Menambah hapalan Quran 1 Juz. Yaitu juz 2.
3. Membuat karya doodle art di 5 jenis bahan berbeda
4. Pandai membuat logo
5. Dapat bersepeda sampai Purbalingga.
6. Bisa pitching dengan target harian closing 2 pcs.

Besok Ghazy harus membuat jadwal harian sesuai data yang telah dia buat.

Fawwaz pun telah saya buatkan profilling sampai saat ini. Hasilnya cukup lumayan memuaskan.
Beberapa hal masih butuh penguatan. Diantaranya di fitrah keimanan masih perlu penguatan cintanya pada baginda Nabi Muhammad SAW.
Fitrah bakatnya cukup terasah dengan baik, fitrah belajar dan bernalar masih butuh banyak penguatan. Masih ada beberapa hal dalam bernalar yang perlu dikuatkan kembali. Fitrah bakat sudah sangat baik berkembang, fitrah seksualitas pun berkembang baik. Citrah bahasa dan estetika adalah hal.lain yang eprlu dikuatkan kembali. Bagian bertutur bahasa dengan santun masih menjadi PR besar. Kebiasaan berbicara agak keras di dalam rumah masih sangat kental terasa. Terutama dipengaruhi sangat besar oleh kehadiran sang kaka. Tugas besar bagi saya untuk memperbaiki keduanya. Bersyair dan berkata indah tentu akan lebih indah dan mengasyikan.

Demikian laporan malam ini. Besok kita lanjut kembali

Posting Komentar

0 Komentar