NHW 7 TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

NHW kali ini bisa dibilang gue banget...
Sebelumnya tidak pernah menyangka bahwa Talents Maping, khususnya ST30 akan masuk dalam pembahasan matrikulasi. Sedangkan Talents Maping adalah salah satu jurusan ilmu yang sedang saya dalami saat ini. Menyelami dan memahami bahasa bakat, membawa saya akan kesadaran akan kebesaran Allah SWT. Bahwa setiap insan diciptakan dengan peranan khusus yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur2 unik yang akan memudahkannya menjalankan peran yang telah ditetapkan oleh Nya. Hanya saja sayang, tidak semua insan dapat memahami hal ini. Dan tidak peduli akan talents, kelebihan yang dimilikinya. Malah tidak sedikit yang malah lebih sibuk bergulat dengan kelemahannya. Bukankah lebih baik meninggikan gunung dari pada sekedar meratakan lembah?
Ah, saya jadi menyadari statement seorang sahabat. There's a giant on you.
NHW kali ini saya diminta mengikuti ST30 dan melampirkan hasilnya dsni. Saya juga akan sekalian melampirkan hasil TMA yang hasilnya tentu saja akan lebih komplit dan spesifik dari ST30.

hasil ST30
Dari hasil ST30 di atas dapat dengan jelas dilihat bahwaa talents yang saya miliki 43% di bagian Networking. Walaupun dasarnya saya adalah seorang introvert, tapi saya berhubungan dengan orang lain hal yang sangat penting dalam hidup saya. Dibagian inilah saya dapat berbagi, memotivasi, memberi nasehat, dan memajukan orang lain. Dalam hal inilah saya selalu merasa berarti bagi orang lain. Mengenalkan dan 'menjual program' adalah hal yang saya cintai.
Dari hasil dia atas juga terlihat jelas Generating Idea menjadi bagian besar pula dalam hidup saya. Terbukti dengan selalu berkejarannya ide ide di dalam pikiran. Walau memang saat eksekusi bukanlah keahlian saya. Karena tema bakat operator justru menjadi tema bakat hitam yang saya miliki. Perlu disiasati dengan sebuah tools atau partner yang mumpuni di bidang ini.
Hasil TMA pun menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda. bahwa tema bakat yang teratas adalah Developer. Memajukan orang lain. Significance, tema bakat yang sangat diperlukan dalam melakukan peran marketing. Marketing disini saya sangat menyukai peran penjualan ide, menjual program, atau mengenalkan sebuah bidang ilmu yang belum dikenal oleh khalayak. Seperti ilmu talents Maping dan Home Education yang sedang saya geluti saat ini.
Hasil TMA urutan tema Bakat

Hasil TMA Strenght Cluster Map
Jalan seperti  apa yang sebetulnya yang Allah inginkan untuk saya lalui? Pertanyaaan ini terus menerus menggelayuti pikiran saya. Bahkan saya sempat merasa galau dan hampir tejebak saat mencari jawabannya. Alhamdulillah Al-Quran mengembalikan saya pada track yang benar. Sekarang, walau pun masih banyak pertanyaan pertanyaan serupa yang menggelayuti, tapi setidaknya saya tau arah mana yang akan ditempuh. 
Satu hal yang saya yakini, bahwa ilmu, guru, dan kesempatan akan selalu datang pada saat yang tepat. Jika jalan yang saya lalui sekarang belum seindah yang saya harapkan, jika kesempatan yang saya inginkan belum juga datang menyapa, maka perbaikilah diri. Pantaskanlah diri. 
Maka branding yang akan selalu lakukan adalah layaknya seperti air mancur. Yang akan selalu memancar memberi kesejukan bagi yang dahaga. Air mancur yang akarnya diam diam menelusup menghujam kedalam perut bumi mencari sumber air untuk dipancarkan ke dunia luar. Sesedikit apapun sumber air yang didapat, dia akan terus memancar membagi kebahagiaan. 
Begitupun saya, tidak akan lelah untuk terus mencari ilmu, mempelajari, dan membainya bagi dunia.

Baiklah kita kembali ke NHW.
Selanjutnya adalah membuat Kuadran.
1.Kegiatan yang DISUKAI DAN BISA MELAKUKAN
  • Berbagi ilmu baik secara online maupun offline
  • Memotivasi, mengedukasi, memberi nasehat dan petunjuk bagi seseorang atau sekelompok orang
  • Mengenalkan atau 'menjual' program, ide, atau sebuah cabang ilmu baru
  • Merajut
  • Belajar
  • Membaca                                                                                                                                        
2. Kegiatan yang DISUKAI TAPI TIDAK BISA
  • Desain grafis
  • Optimasi PP dan video ppt
  • Menulis secara kontinnyu
3. Kegiatan yang TIDAK DISUKAI TAPI MAMPU
      Semua kegiatan rutin rumah tangga saya masukan dibagian ini. Seprtinya ironis ya, seorang ibu rumah tangga tapi tidak menyukai kegiatan2 domestik dalam rumah tangga. Tapi buat saya pribadi, sangat sayang jika waktu yang saya pergunakan hanya dihabiskan di dapur untuk masalh2 domestik. Masalah domesktik seharusnya dilakukan seprlunya saja. Sehingga waktu yang ada bisa diisi dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat bagi banyak orang.

4. Kegiatan yang TIDAK DISUKAI DAN TIDAK BISA
      Memasak saya masukkan ke kuadran bagian ini. dan selanjutnya adalah kegiatan kegiatan yang memerlukan konsistensi yang kontinyu dengan aturan aturan keras yang perlu dipatuhi,


Posting Komentar

0 Komentar