NHW 6 Belajar Menjadi Keluarga Handal

Belajar Menjadi Keluarga Handal

NHW kali ini membuat saya merenung selama sepekan terakhir. Mengandangkan waktu  bukan lah bagian  tersulit. Yang paling membuat say gentar adalah membuat jadwal dan mematuhinya. Ok, harus saya akui, saya bukanlah orang yang menyukai rutinitas, apalagi jika itu terikat pula oleh waktu waktu tertentu yang harus dipatuhi. Wow sesuatu yang sangat menantang...

Baiklah, bagaimana bukankah pun tantangan tetap harus ditaklukan ?

Kita mulai saja tahapan tahapan yang telah disediakan

Tahap 1
A.   Aktivitas paling  penting
       a. Beribadah.
       b. Mendidik anak
       c. Self development. Bagian ini tentu saja bagian yang paling menarik dalam hidup saya. Saya seoraang pembelajar yang sangat tertantang untuk terus meningkatkan diri sendiri. Self development yang saya lakukan selama ini diantaranya adalah dengan membaca buku, belajar secara langsung pada pakar atau maestro. Untuk belajar pada maestro ini saya biasa pakai sosial media. mengingat posisi saya yang tidak memungkinkan untuk selalu dapat mobile kemana mana. Mengikuti kullwap, grup grup untuk pengembangan diri, mengikuti taklim atau liqo sebagai cara meningkatkan diri dalam hal agama. Mengikuti seminar, atau bahkan mengadakannya sendiri jika memungkinkan. Dan belajar sambil praktek. Hal inilah yang paling menantang. dari praktek praktek inilah saya bisa secara langsung menemukan masalah dilapangan. Disitulah saat ilmu kita dipakai, dan akan bertambah secara otomais saat dipraktekan. Hal ini juga yang membuat saya tidak membatasi pemakaian media ssosial pada diri saya. Karena justru dari sanalah saya banyak belajar dan menimba ilmu. Selama aktivitas utama lain tidak terganggu.      

B.  Aktivitas paling tidak penting
      a. Memasak. Sebagian orang pasti akan sangat terkejut dengan keputusan saya memasukan memasak pada kegiatan paling tidak penting. Tapi itulah kenyataanya. Suami adalah orang lapangan, yang terkadang pulang ke rumah dalam keadaan sudah makan. Atau kalau pun tidak, dia biasa pulang sambil membawa makanan untuk keluarga. Bahkan saat libur kerja, maka pak suami lah yang biasa memasak di dapur. Si sulung sekarang di asrama, dan makan disana. Dan saya hanya tinggal meyediakan makanan buat Fawaaz dan saya.
       b. Menunda nunda. Ini adalah yang yang paling saya benci sesungguhnya dari diri saya sendiri. Senang menunda sebuah pekerjaan.
       c. Membuang buang waktu dengan kegiatan tidak penting. Ada beberapa kegiatan kegiatan menyenangkan yang kita anggap sebagai sebuah refreshing. seperti misalnya main, game atau bersosial media yang tidak penting. Baiklah, untuk bebarapa saat, dan waktu waktu tertentu hal tersebut akan membantu. Tapi yang sering terjadi adalah, saya kehilangan waktu, lupa, dan keasyikan sehiangga waktu refreshing ini menjadi berlebihan dan bahkan menyita waktu yang harusnya produktif.


Tahap 2
    Beberapa hari terkahir ini, waktu saya banyak dihabiskan dalam bagian self development. Pekan ini saya praktek menjadi assessor ST-30 untuk sebuah perusahaan kecil. Hal ini memancing saya untuk belajar, memperdalam pengetahuan dan pemahaman saya akan ST-30. Dan akhir pekan kemarin pun saya tutup dengan menjadi pembicara Talents Maping di sebuah sekolah. Kedua hal ini menuntut saya banyak belajar pekan ini. Belajar tentang TM for organization, belajar tentang TM for family, serta belajar membuat slide power point. Dan minggu ini sangat menantang buat saya.

Tahap 3
    Membuat kandang waktu.
    Aktivitas rutin sehari hari, diantaranya masak, ke pasar, mencuci, beres beres rumah melayani suami dan sebagainya saya masukan dalam aktivitas rutin.
    Aktivitas utama, adalah beribadah, mendidik anak, dan self development.

Tahap 4
    Jadwal harian
    pukul 04.00-09.00  Aktivitas rutin
    pukul 09.00-18.00  Aktivitas utama
    pukul 18.00-22.00  Aktivitas rutin

Tahap selanjutnya dan sangatlah penting adalah proses pelaksanaan dan eksekusi. Dalam proses ini sangat dibutuhkan konsistensi dan kediplinan. Juga menekan kuat kuat sifat perfectionis dalam diri. Semoga berhasil...!!!

Posting Komentar

0 Komentar