Fase Mendengarkan

Dalam tahapan menstimulasi anak agar cinta membaca, mendengarkan adalah fase pertama. Mendengarkan akan membantu anak memahami kosakata. Menambah perbendaharaan kata, dan belajar memahami arti sebuah kata atau kalimat yang didengarnya. Kemampuan mendengar dapat ditambahkan dengan sering sering mengajak anak berkomunikasi, mendengarkan lagu lagu dan rekaman, mangajak diskusi, dan membacakan cerita.
Hal hal di atas sering kami lakukan bersama. Kecuali dalam hal membacakan buku. 
Fawwaz adalah seorang anak kinestetik yang tidak betah duduk lama lama dan membaca buku. Selama inisaya memang agak kesulitan mangajak dia membaca. Padahal tiap sehari dalam sepekan kami menyempatkan diri ke perpustakaan. Tapi di sana jarang sekali fawwaz mau fokus membaca buku. Satu satu nya hal yang menarik perhatian dia disana hanyalah pojok main anak. Asyik berlari, meluncur, mamanjat, dan segala aktifitas fisik lainnya. Tapi, ya sudahlah minimal dia betah di perpustakaan.
Tantangan kali ini sanagt pas dan cocok untuk dapat meningkatkan minat baca Fawwaz. Setidaknya dalam beberapa hari berjalan ini. Pohon literasi membantu meningkatkan minat bacanya.
Pohon literasi kami yang tidak berbentuk pohon memang unik. Kami memilih membuat angkasa raya. dengan roket disana. dengan background warna hitam polos yang mewakili angkasa raya yang siap dipenuhi oleh bintang gemintang hasil bacaan kami. 

Lalu mengapa angkasa? tidak pohon saja seperti kebanyakan orang? 
Alasan pertama adalah karena semua anggota keluarga kami adalah maximazer, dan 75% diantaranya adalah seornag creator. Kami selalu menginginkan segala sesuatu yang maksimal, sempurna, unik, menarik, dan berbeda dari ornag lain. 
Alasan kedua adalah karena tagline rumah kami sebagai rumah bintang. jadi lebih cocok di angkasa raya dari pada di atas pohon. Kami ingin menghiasi jagad raya dengan sinar bintang gemintang.

Hari ini, hari kedua Fawwaz bersemangat membaca. Setelah membaca dua buku yang sma dengan kemarin, dia mulai merambah pada kotak ensiklopedia yang telah lama dicampakkan dan tak tersentuh dari pertama kali dibeli. Hari ini Fawwaz membacca buku ensiklopedia Bocah Muslim Tubuhku, bagian tubuh. Membaca tentang perkembangan manusia, komponen komponen dalam tubuh manusia, dan tinjauannya dalam Alquran. 
Sedangkan saya hari ini kembali membaca buku Talents Mapping. Kembali menimba ilmu di sana. Berusaha menemukan titik titik yang belum terhubung tentang tema bakat dan pandu 


#Hari2
#GameLevel5
#ToChangeIMustChangeFirst
#KuliahBunsayIIP
#IbuProfesional

Posting Komentar

0 Komentar