Aliran Rasa Materi 9 Berfikir Kreatif

Materi bulan ini memang menarik. Sangat menarik dan berbeda dari materi materi sebelumnya. Mulai dari awal diskusi materi yang lain dari biasanya. yang dibawakan bu Septi dengan sangat kreatif, menarik, dan penuh tantangan.
Mengerjakan tantangan kali ini pun penuh dengan pemikiran kretaif. Saya diajak untuk berfikir beda dari biasanya. Out of the box. Berfikir tidak biasa, lain dari yang lain.
Sebetulnya bagi ideation seperti saya, memang sering berfikir out of the box, berfikir aneh bin nyleneh. Hanya saja, untuk eksekusi memang belum berani. Masih sering banyak pertimbangan. Masih khawatir dengan pandangan orang lain, masih banyak pertimbangan pertimbangan lainnya.
Apalagi saya juga seorang maximazer yang selalu ingin agar segala sesuatu itu berhasil secara maksimal. Dengan kualitas no 1. Nah hal inilah yang paling sering menjadi penghambat dalam bertindak kreatif bagi diri saya pribadi. Sering ketika memiliki ide kreatif tidak berhasil menjadi karya hanya karena bahan baku yang tidak ada, karena terlalu lama memikirkan strategi agar sempurna, atau karena persiapan yang terlalu lama, hingga akhirnya ide tersebut menguap, dan tidak menarik lagi. Tergantikan dengan ide baru lainnya.
Bukan hal yang mudah memang menjadi seoranng ideation yang maximazer. Saya merasa perlu seorang eksekutor untuk dapat diajak kerja sama untuk mewujudkan ide ide yang dimiliki.
Tapi hal berbeda saya rasakan dalam tantangan kemarin. 17 hari kemarin saya berusaha selalu mengekseskusi ide ide yang dimiliki. Walau itu hanya ide yang kecil. Dan ternyata setelah dapat mengeksekusi ide itu, bisa menghasilkan kelegaan, kebahagiaan dalam diri.
Tantangan ini mengajarkan untuk selalu berusaha mewujudkan ide, impian yang dimiliki walau sesederhana apapun itu.
Saat review pun tiba. Dan.....
Muncullah itu taxonomy bloom. Dia ini pernah muncul juga di diskusi grup KN HEbAT dan saya skip karena gak paham. Sekarang muncul lagi, saya coba kunyah lagi pelan pelan, tapi... tetap aja belum paham...
Whuaaa.... gimana dong?
Baiklah, besok Jambore HEbAT ada kesempatan bertemu bu Noni yang terlihat mengausai hal ini. Saya akan culik bu Noni untuk bisa menjelaskan secara langsung ttg Taxonomi bloom.

Posting Komentar

0 Komentar