Jurnal Fasilitator Level 6 Tangerang 1

Bulan ini adalah bulan ke enam di kelas bunda sayang batch 2 yang saya fasilitasi. Tema bulan ini adalah Math Arround Us. Terus terang ini adalah salh satu tema yang saya sukai dari kelas bundsay. Mengenalkan matematika dengan cara yang berbeda.
Materi diberikan tanggal 20 November 2017. Seperti biasa, kelas berjalan hangat seperti biasa. Di awal, banyak yang sangsi akan matematika. Beberapa peserta mengaku memiliki hasil TM analytic di antara kekuatannya, tapi sama sekali tidak menyukai matematika. Benci dengen angka angka. Setelah kita diskusi, diketahui bahwa memang rata rata mereka memiliki pengelaman buruk dengan matematika. Entah pengaruh guru yang kurang nyaman, lingkungan, atau tekanan dari orang tua. Sayang seklai memang potensi potensi itu jadi harus terkubur.
Akan tetapi matematika yang ditawarkan dalam materi kali ini sungguh berbeda. Materi kali ini mengenalkan kita bhawa sesungguhnya matematika itu mudah, simple, dan ternyata banyak bertebaran di sekitar kita. Bahwa mengenalkan matematika itu bukan hanya sekedar kabataku semata. Bahwa matematika itu berhubungan dengan kemampuan berfikir logis dan memecahkan masalah. 
Ketika hal tersebut mulai didiskusikan, semua peserta sepakat bhawa matematika itu tidak lagi semengerikan bayangan selama ini. Berlomba lomba peserta mengajukan contoh contoh kegiatan yang akan mereka lakukan pada putra putri mereka saat mengenalkan matematika.
Tantangan pun berjalan selama 17 hari seperti biasa. Di sela sela hari hari itu aya selealu menyempatkan membaca tugas tugas yang dikumpulkan peserta. Isi tantangannya menarik dengan kegiatan yang beragam. Matematika dikemas sedemikian rupa hingga menjadi lebih asyik dan menarik.
Pada saat reveiw tantangan tidak kalah seru. Banyak pesrta yang antusias menceritakan pengelaman dan perubahan yang mereka alami selama menjalankan tantangan. Dan akhirnya semua sepakat bahwa matematika itu mudah. Matematika itu ada di sekitar kita sehari hari ternyata.
Rekapan hasil tantangan telah selesai saya kerjakan hari Ahad pagi. Tantangan kali ini yang mendapatkan badge memang tidak lagi sebanyak bulan kemarin. Tapi masih terhitung tidak mengecewakan. 75% peserta kuliah menadapatkan badge dasar. Itu sudah bagus. Berikut rekapan yang memperoleh badge bulan ini.

Badge Dasar Math Arround Us
1. Arnis Fitriani
2. Asri Risnawati
3. Ayu Lulu ul Musyoyyaroh
4. Ade Yuniarti
5. Fera Marentika
6. Dede Fitriyati
7. Diana Aulia
8. Een Laelah
9. Eka Rizki Indriyani
10. Faizah
11. Fitriani Kusumawardhani
12. Ghina Sonia Fauziah
13. Gita Listyawati
14. Heptitia Windro Swaswika
15. Ismi Istiqomah
16. Miftah Irfaniah
17. Laila Arifiyani
18. Lia Marliana
19. Mella Putri Widhiastuti
20. Nur Hikmatus
21. Retno Prihastuti
22. Ria Asyrofa
23. Rika Dwi Astuty
24. Julia Sarah
25. Selly Khairunnisa
26. Shabrina Lestari
27. Titik Awwaliyah
28. Tria Nurhandayani
29. Andi Fitriah Arifin
30. Yetty Dharmayanti
 
Badge You're Excellent
1. Dede Fitriyati
2. Een Laelah
3. Ria Asyrofa
 
Badge Outstanding Performance
1. Diana Aulia
2. Gita Listyawati
3. Ismi Istiqomah
4. Miftah Irfaniah
5. Shabrina Lestari
6. Yetty Dharmayanti

 Untuk bulan ini, saya memilih bu Yetty Dharmayanti yang akan mengikuti pertukaran pelajar. Bu Yetty adalah sosok ibu yang putranya sudah ada yang  masuk usia remaja.  Dan saya ingat sekali di awal perkenalan saya di kelas. Dia hampir menyerah dan ingin mengajukan cuti karena merasa sering tertinggal. Saat itu saya motivasi kembali agar tambah semangat. Dan alhamdulillah tantanagn bulan ke 5 mendapatkan badge OP. Pun begitu di bulan ini. Tulisan nya tentang tantangan pun terarah. sesuai dengan materi yang diberikan. Kerja kerasnya patut dihargai.



Posting Komentar

0 Komentar