Menghitung Dinosaurus

Hari ini seperti biasa, banyak permainan yang kami lakukan bersama sama. Mulai dari bermain lego, bemain kereta api, membuat pasir kinetik, dan mencuci mainan.
Beberapa permainian melatih matematika logis juga. Tapi, adalagi moment AHA yang ditemukan oleh Fawwaz yang membuat saya tercengang lagi.
Membersamai tumbuh kembangnya memang selalu menghadirkan keajaiban keajaiban. Setiap hari selalu penuh makna bersamanya
Sore hari ini. 
"mah, aku punya dinosaurus satu, teru satu lagi, terus satu lagi, terus satu lagi, terus satu lagi, terus satu lagi, terus satu lagi. berapa coba mah semuanya, hitung?" katanya sambil menunjukkan jari jarinya yang dia pakai sebagai peraga. 
"satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh !!! wah, dinosaurusnya banyak sekali, de?" jawab emak penuh kegirangan.
" Nah sekarang mah, aku punya 3 dinosaurus, terus aku tambah lagi ada tiga lagi dinosaurusnya" lagi lagi si kecil mengacungkan jari jari nya.
"satu, dua, tiga, empat, lima, enam !!! wah ada enam de"
dan percakapan serupa terus berlanjut. hingga...
" de, sekarang mama punya lima dinosaurus, yang dua  kabur. sisanya berapa de?" emak mengacungkan lima jarinya. 
"bismillahiraohamnirrohiim, semoga bisa" bisiknya perlahan "bentar ma, lima dinosaurus, dua kabur. yang mana ma yang kabur?" katanya 
"yang mana aja de, boleh."
"kalo gitu yang ini, dengan yang ini kabur." katanya seraya menekuk jari kelingking dan jari manis yang saya acungkan.
" tinggal tiga mah dinosaurusnya" katanya girang.
permainan pengurangan pun terus berlanjut lagi diselingi gelak tawa, dan canda.

Inilah AHA nya hari ini. rupanya Fawwaz mulai memahami konsep penambahan dan pengurangan sederhana. belum banyak. hanya sampai hitungan sepuluh saja.
Tapi yang membuat saya kagum adalah, kemajuan yang dibuatnya kali ini adalah dia yang mengajukan pertanyaan terlebih dahulu. Dia yang mengetes saya. Dia yang membuat cerita, dan membuat soal. 
Jelas itu adlah sebuah kemajuan besar. 
Karena artinya dia sudah memahami konsep konsep tersebut.

ok, semangat ade...!!!

#ILoveMath
#KuliahBunsayIIP
#MathArrounUs

Posting Komentar

0 Komentar