Aliran Rasa level 7 "Memahami diri"

Semua anak adalah bintang. Semua anak istimewa...
Lama mendengar kalimat ini. Tapi hanya sekedar saja. Tau, tapi belum paham. Hingga akhirnya dipertemukan dengan abah Rama tahun kemarin dan mulai sedikit demi sedikit menimba ilmu disana. Pemahaman tentang diri sendiri awalnya. Tentang keunikan tiap individu.
Awalnya, saya hanya berpatokan pada bakat saja dalam melihat hal ini. Tapi ternyata IIP membukakan mata saya.
Bahwa bakat itu penting, tapi bukan hanya itu saja yang perlu digali dalam hal kemampuan, keunikan seseorang. Bakat itu hanya fitur. Perlu hal hal lain dalma mengaktivasi dan mengimbanginya.
Terlihat dlama materi discovering ability kemarin.
Bahwa diperlukan kemampuan memahami dirinya sendiri bagi anak. Ranah intrapersonal. Bahwa anak yang bisa memahami dirinya sendiri akan mudha memahami ornag lain.
Dan ternyata banyak hal yang perlu digali dlama hal ini. Mengenal Allah dan ciptaannya. Hal ini yang terus menerus sampai saat ini sednag saya gali pada si kecil. Memahami, mensyukuri segala ciptaan Allah.
Kemudian memahami dirinya sendiri. Ini pun sedang coba saya kenalkan padanya. Mulai dengan praktek memahami panggilan panggilan biologisnya, perasaannya, bagaimana cara mengatasinya. Terus menerus, sedikit demi sedikit sebelum masuk ke konsep yang lebih rumit kelak.
Berlatih membaca alam, membaca jaman. Ini pun saya masih menggunakan konsep konsep sederhana bagi nya yang berusia masih 5 tahun. Seperti mengenalkan perubahan alam. Cuaca, musim dst. Juga mengenalkan alam sekitar, budaya, kearifan lokal. Mengenalkan dengan budaya dan kearifan lokal lain.
Membaca kehendak Allah. Yang satu ini pun saya coba mengenalkannya dengan konsep yang masih sangat sederhana dengan bahasa yang sederhana pula.
Masih mengaitkannya dengan kejadian sehari hari.

Bagaimana pun, materi kali ini bukan hanya anak yang belajar. Terlebih ibunya yang belajar. Menggali lagi lebih dlaam tentang konsep pemahaman diri.
Lebih jauh dan lebih dalam lagi.
Membawa makin ke dalam. Apa sebetulnya yang Allah kehendaki dari keberadaan saya di muka bumi ini?
Apa sebenarnya tujuan penciptaan saya?
Mengapa saya hidup saat ini, disini, dan mengapa saya bisa menenal IIP?

Semua tidak ada yang sia sia. Ada alasan dari semua hal yang terjadi di dunia ini. Tinggal bagaimana kita bisa memaknainya.

Dalam ya materi kali ini...

Posting Komentar

0 Komentar